Profil Madrasah
Sejarah Berdirinya
MA Miftahul Umam
Madrasah Aliyah Miftahul Umam berdiri di bawah yayasan dengan nama yang sama di jalan R. S. Fatmawati Gg. H. Kamang No. 25 Pondok Labu Cilandak Jakarta Selatan. Yayasan ini menyelenggarakan kegiatan di bidang pendidikan dan sosial.
Pada bidang pendidikan, yayasan mengelola lembaga Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Di bidang sosial, yayasan ini menyelenggarakan kegiatan santunan bagi anak yatim dan fakir miskin.
Yayasan Miftahul Umam berdiri pada tanggal 5 Januari 1976 di atas tanah yang diwakafkan oleh Almarhum H. Mansyur. Para pendiri yayasan ini ialah putra-putra dari Almarhum yang merupakan tokoh masyarakat di Pondok Labu dan sekitarnya, mereka adalah Drs. H. M. Thoyib Mansyur, H. Abdul Mansyur, Almarhum H. A. Zaidi Malik beserta KH. Abdul Hakim dan H. Syamsudin B.A.
Madrasah Aliyah adalah lembaga yang didirikan setelah Madrasah Tsanawiyah yang berada disekitar wilayah Pondok Labu. Hal ini mendapat respon yang positif dari masyarakat, sehingga mereka tidak perlu lagi mencari sekolah yang sebelumnya berada pada jarak yang cukup jauh. Maka berdirinya Madrasah Aliyah Miftahul Umam sangat membantu masyarakat yang menginginkan putra putrinya mempelajari pelajaran agama sekaligus pelajaran umum.

visi
Visi Madrasah Aliyah Miftahul Umam
“Beriman kuat, berilmu manfaat, terwujudnya Madrasah Aliyah yang unggul dalam Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) dan Iman Taqwa (IMTAQ)”
Motto
Berilmu Amaliyah, Beramal Ilmiah



Misi
Untuk mewujudkan visi, madrasah ini memiliki misi, sebagai berikut:
- Mewujudkan Sistem Pembelajaran yang Efektif, Kreatif dan Menyenangkan
- Mendorong dan membantu peserta didik untuk mengenal dan menggali potensi diri hingga dapat dikembangkan secara optimal
- Memberi motivasi dan menumbuhkan semangat penghayatan dan pengamalan ajaran agama islam
- Meningkatkan Strategi kegiatan belajar mengajar (KBM)
- Mendorong peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) dan iman taqwa (IMTAQ).
PROGRAM
UNGGULAN
Madrasah Religi
Meningkatkan kualitas ibadah peserta didik melalui pembinaan tentang kewajiban agama dan pengamalan ibadah sunnah sebagai bentuk penguatan karakter religius.
Madrasah Digital
Mengembangkan keterampilan digital peserta didik dalam bidang teknologi informasi, termasuk pembuatan website, pembuatan konten, dan digital marketing, untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di era digital.
madrasah mandiri
Melalui pendekatan kewirausahaan, MAMU membentuk siswa yang mandiri secara ekonomi dan kreatif, melalui pelatihan usaha, market day, dan proyek bisnis berbasis digital. Dengan membangun jiwa entrepreneur, siswa diharapkan mampu menciptakan peluang usaha dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.